window.dataLayer = window.dataLayer || []; function gtag(){dataLayer.push(arguments);} gtag('js', new Date());gtag('config', 'G-BWME4274RY');
Info Sekolah
Friday, 18 Oct 2024
  • COMING SOON!!!!! FESQI (Festival Santri Qurani) Tahun 2024
27 June 2024

Praktek Pembelajaran dengan Berwisata, Yusuf Annur IBJHS menyelenggarakan Studi Kenal Lingkungan di Semarang

Thursday, 27 June 2024 Kategori : Kesiswaan

MTs Yusuf Annur (Yusuf Annur Islamic Boarding Junior High School/IBJHS) baru-baru ini mengadakan kegiatan Study Kenal Lingkungan (SKL) dengan tema “Building Experience by Practice Learning”. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, tanggal 25-26 Juni 2024, dan diikuti oleh seluruh siswa kelas VIII dan didampingi oleh para guru pembimbing. SKL merupakan program tahunan Madrasah yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, lingkungan, aspek sosial dan budaya melalui kunjungan ke beberapa objek wisata.

Sebelum memulai perjalanan, seluruh peserta SKL berkumpul dalam apel pembukaan yang dipimpin langsung oleh Pembina dan Pengasuh Pondok Pesantren, Abah Dr. H. Supandi Awaluddin, S.Pd, M.Pd. Dalam amanatnya beliau berpesan agar para siswa menjaga perilaku selama kegiatan serta memanfaatkan kesempatan belajar dengan baik dan selalu bekerja sama dalam tim.

Perjalanan dimulai dengan ziarah ke Makam Sunan Bonang Tuban untuk membaca tahlil bersama. Kemudian dilanjut dengan bersantai sejenak dan mengunjungi Masjid Agung Tuban. Selanjutnya, rombongan menuju Semarang untuk menjelajahi Kota Tua dan Kota Lama, kawasan cagar budaya yang sarat dengan bangunan bersejarah peninggalan Hindia Belanda.

Pada hari kedua, siswa diajak belajar manasik haji di Firdaus Fatimah Zahra, tempat manasik haji termegah di Semarang. Para siswa berkesempatam mempraktikkan kegiatan umroh dan haji yakni berihrom, thawaf, sai, tahallul, wukuf di Arafah melempar jumrah, serta mabit di Mina dan Muzdalifah. Terdapat ikon yang tersedia Firdaus Fatimah Zahra sangat menarik, karena penampilannya sangat menyerupai wujud aslinya dan membuat siswa dapat merasakan suasana berhaji dan umroh seperti nyata. Adapun ikon-ikon tersebut seperti, Replika Ka’bah, Masjidil Haram, Masjid Nabawi, tempat Sai, Tenda Wukuf, hingga tempat melempar jumrah di Mina, dan berbagai replika lainnya membuat pengalaman belajar menjadi lebih menarik dan interaktif.

Perjalanan SKL ditutup dengan kunjungan ke Cimory Dairyland Semarang, di mana siswa dapat berinteraksi langsung dengan satwa, menikmati keindahan taman Sakura yang mirip dengan di Jepang, serta berbelanja produk asli dari Brand Cimory.

Rendy Febrianto, S.Pd, Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan Yusuf Annur IBJHS, mengungkapkan bahwa SKL memberikan manfaat yang signifikan bagi siswa. Selain menambah wawasan ilmu pengetahuan agama dan ilmu umum, seperti Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), Fiqih, dan Sejarah, kegiatan ini juga mengajarkan nilai-nilai penting seperti kerjasama, toleransi, dan penghargaan terhadap warisan budaya. SKL diharapkan dapat menjadi program yang berkelanjutan dan memberikan kontribusi positif bagi perkembangan siswa MTs Yusuf Annur (Yusuf Annur Islamic Boarding Junior High School/ IBJHS).

Oleh : Sri Yuliati dan Alfaini Romadhona

No Comments

Tinggalkan Komentar

 

Pengumuman

Diterbitkan :
Pengumuman Hasil Seleksi Guru & Tenaga Kependidikan Yayasan Asiyah An-Nur Lamongan Tahun 2023
Rekrutmen Guru dan Tenaga Kependidikan Yayasan Asiyah An-Nur Lamongan dilaksanakan dalam rangka memperlancar pelaksanaan program..
Diterbitkan :
PPDB MTs Yusuf Annur Lamongan TP. 2023-2024 Jalur Prestasi
Penerimaan Peserta Didik Baru MTs Yusuf Annur Lamongan TP. 2023-2024 Jalur Prestasi dibuka pada 17..
Diterbitkan :
Revisi Jadwal Seleksi Rekrutmen Tenaga Pendidik Dan Kependidikan MTs Yusuf Annur
Oleh karena Hasil Tes Kemampuan Dasar dan Tes Sustansi Bidang yang telah dilaksanakan oleh Unesa..

Info Sekolah

MTs Yusuf Annur Lamongan

NSM : 121235240189
Jl. Raya Kembangbahu No 9, Sumberjo, Lopang, Karangbahu. Lamongan
TELEPON+6285652007222
EMAILasiyahannur1@gmail.com
WHATSAPP6285652007222